Archive for August, 2018

Edamame

Edamame

Apakah kacang edamame terdengar asing di telinga Anda? Anda yang vegetarian, pasti sudah sangat akrab dengan kacang kedelai. Jika Anda sedang menebak, apakah kacang edamame sama dengan kacang kedelai, Anda tidak sepenuhnya salah. Ditinjau dari segi kesehatan, manfaat kacang edamame ternyata tidak main-main. Bahkan kacang edamame sangat berpengaruh untuk kesehatan jantung Anda. Simak ulasannya di artikel ini.

Apa itu kacang edamame?

Jika Anda pernah makan di restoran-restoran Jepang, Anda mungkin pernah menemukan sajian sepiring kacang berwarna hijau untuk para tamu. Kacang berwarna hijau itu adalah kacang edamame.

Edamame berbeda dengan kacang polong, karena isian edamame seperti kacang kedelai, namun berwarna hijau. Di Indonesia kacang ini sering disebut dengan kacang kedelai dari Jepang, meskipun sebenarnya edamame berasal dari Tiongkok. Edamame mungkin terlihat seperti kacang biasa, tetapi kandungan protein di dalamnya jauh lebih banyak.

Anda bisa mendapatkan kacang edamame di supermarket, dalam bentuk beku, baik masih dalam kulit maupun tidak. Untuk satu mangkuk kecil edamame, terdapat 16,86 gram protein. Hal inilah yang membuat edamame dapat menggantikan telur dan daging, dalam hal asupan proteinnya.

Selain itu, edamame merupakan satu-satunya jenis sayuran di dunia yang memiliki 9 jenis asam amino esensial. Dalam satu porsi edamame juga mengandung 10% asupan harian zat besi dan vitamin C, 8% asupan harian vitamin A, dan 8,1 gram serat (lebih dari 4 lembar roti gandum). Satu porsi edamame hanya mengandung 189 kalori. Kacang edamame terasa manis dengan tekstur yang halus.

Manfaat kacang edamame untuk kesehatan

Ternyata ada banyak manfaat kacang edamame terutama untuk kesehatan Anda. Jangan ragu untuk mengonsumsinya untuk meningkatkan kebutuhan nutrisi Anda.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang edamame mengandung kandungan gizi, vitamin dan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jika rajin mengonsumsi kacang edamame, Anda dapat terhindar dari pengaruh cuaca buruk akhir-akhir ini yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh.

2. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Kacang ini juga bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan pada kacang secara aktif dapat menghancurkan lemak yang menumpuk di dalam tubuh yang menjadi pemicu penyakit jantung dan darah tinggi. Kacang ini juga berkhasiat sebagai zat anti inflamasi sehingga rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan dapat disembuhkan dengan cepat ketika Anda mengonsumsi kacang ini.

3. Mengurangi risiko kanker

Kandungan isoflavin pada kacang edamame juga berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker prostat maupun kanker payudara. Isoflavin merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

4. Mempercepat proses pembekuan darah

Kandungan vitamin K yang tinggi sangat berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah. Hal ini sangat baik untuk Anda yang berisiko sering jatuh dan lecet pada kulit untuk meredakannya dengan cepat. Kacang edamame juga berfungsi untuk pencegah osteoporosis dan penyakit Alzheimer.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Kacang edamame mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan pada manusia. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Tidak hanya itu, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini memberikan manfaat lebih untuk memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda dapat menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar.

 

Cara Menanam Edamame

Budidya edamame sebenarnya relative tidak sulit, secara umum sama dengan budidaya kedelai. Secara singkat budidaya Edamame adalah sebagai berikut:

  1. Media yang digunakan adalah tanah gembur yang memiliki kelembapan tinggi. Lahan yang cukup terkena sinar matahari.
  2. Penanaman dilakukan dengan jarak tanam 20×20 cm sampai 25×25 cm dengan kedalaman 1,5-2 cm. Satu lubang ditanami satu biji.
  3. Pemupukan dilakukan saat tanaman berumur 10 hari setelah tanam (hst) terdiri dari KCL, Urea dan Za. Pemupukan yang kedua dilakukan setelah 21 hst.
  4. Edamame bias dipanen dalam keadaan segar saat polong masih berwarna hijau pada saat berumur minimal 65 hst. Edamame yang dipanen muda sebaiknya segera dibawa ke tempat teduh dan hindari dari panas matahari agar Edamame tetap segar, tidak layu dan warnanya rusak.

Selamat Menanam :)

Posted in: Campaign, Info, News, Souvenir

Leave a Comment (0) →